Jumat, 09 September 2016

Pramuka SMP Negeri 2 Wadaslintang Ajarkan Materi Peta Pita

Lancar - Sore yang cerah itu dihiasi dengan mendung yang membuat suasa menjadi nyaman untuk beraktifitas di luar ruangan, walaupun waktu sedang menunjukkan pukul 13.00 WIB. Saat itu pula Pramuka SMPN 2 Wadaslintang mengadakan latihan ekstrakurikuler wajib yaitu Pramuka.(09/09/2016)
Seperti yang kita ketahui, banyak anggapan bahwasannya latihan Pramuka itu hanya tepuk-tepuk, bermain dan bernyanyi. Memang ketiga kegiatan tersebut tidak dipungkiri, karena sebagai media membuang kejenuhan dan mengundang kosentrasi anak didik pada saat menerima materi.
Seperti yang diterapkan pada latihan Pramuka SMPN 2 Wadaslintang, selain diajarkan menyanyi, tepuk-tepuk,  dan bermain, anggota pramuka juga diajarkan bagaimana cara menyampaikan dan menerima isyarat semaphore. Sebagai pengetahuan dan pemebekalan jika hidup di alam bebas ketikasedang berkemah dan jauh dari teman atau sedang berhalangan untuk menyampaikan suatau pesan menggunakan lisan.


Selain materi semaphore, anggota juga diajarkan bagaimana cara membuat Peta-Pita. Dimana anggota Pramuka pada saat perjalanan jauh bisa membuat rute perjalanan yang pernah dilalui dengan adanya bukti Peta Pita yang nantinya akan dibuat menjadi sebuah peta perjalanan. Materi ini sangat penting karena dalam kegiatan Pramuka ada kegiatan yang namanya Wide Game atau dikenal dengan mencari jejak. 

Dengan panduan Peta Pita dan Peta Perjalanan diharapkan mereka mampu mencari rute yang sudah disedikan untuk mencari kode yang berupa perintah ataupun pesan yang disampaikan kepada anggota, yang sangat akrab disebut Pos.

Dalam pembuatan peta pita memang dibutuhkan kejelian dan kecermatan yang ekstra sehingga mereka harus serius dan sungguh-sungguh dalam membuat supaya sesuai dengan hasil kenyataan yang ada, walaupun tidak sama persis. Kerjasama juga sangat diperlukan untuk mencapai hasil yang akurat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar